Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahan Materi Safety Talk: Cara Penggunaan Tangga Yang Aman

BAHAN MATERI SAFETY TALK HARIAN PENGGUNAAN TANGGA - Hallo apa kabar sahabat safety talk semuanya, semoga anda dalam keadaan sehat. Bahan materi safety talk atau tool box meeting yang akan kita bahas kali ini yaitu mengenai cara penggunaan tangga yang aman. Mengapa kami mengambil topik yang sederhana tersrbut? ya, karena inilah suatu pekerjaan yang  dianggap sepele namun bahaya yang ditimbulkan sangatlah berbahaya pada keselamatan diri anda. Baca juga kumpulan bahan materi safety talk

Materi Safety Talk

Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatu, semangat pagi rekan sekalian semoga pagi ini kita semua dalam lindungan tuhan yang maha esa. Mengenai Topik Safety Talk yang akan saya sampaikan pagi ini yaitu mengenai cara penggunaan tangga yang aman agar diri kita terhindar dari bahaya yang ada dan dijauhkan dari yang namanya kecelakaan kerja.

Berikut ini adalah beberapa pesan safety yang perlu saudara sekalian fahami terlebih dahulu sebelum menggunakan tangga dalam bekerja:

1. Periksalah tangga - Sebelum anda mulai bekerja pastikan terlebih dahulu tangga yang akan dipakai telah di inspeksi atau di cek kondisinya. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Barangkali ada sesuatu yang ganjal dari tangga tersebut yang kurang baik atau rusak, maka dari itu kita dianjurkan supaya selalu menjaga dan mengantisipasi daripada mengobati apabila kecelakaan sudah terjadi.

2. Bawa peralatan seperlunya - Pada saat anda menaiki tangga pastikan hanya membawa peralatan yang penting dan tidak berlebihan karena point tersebut bisa meringankan bawaan yang akan kita bawa ke atas dan dapat mengurangi resiko terjatuh karena membawa peralatan berlebihan.

3. Posisikan tangga 4:1 - Apa maksud dari memosisikan tangga pada kategori 4:1? Maksud dari pengertian tersebut adalah jauh kaki tangga dari dinding tangga yaitu sekitar 4/1.

4. Berpegangan pada tangga - Apabila anda akan menaiki tangga tersebut pastikanlah salah satu tangan dapat memegang tangga supaya keseimbangan tubuh tetap terjaga dan hal tersebut dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan kerja pada diri.

5. Ikat tangga - Apabila bisa untuk diikat tangga dengan bagian dinding atau tembok tumpuan, ikatlah agar lebih aman supaya saat naik ke atas tangga tidak goyang dan membuat seorang yang menaikinya tergelincir.

6. Cari dasar tangga yang tidak goyang - Jangan sekali-kali menaruh dasar tangga pada bagian yang kurang nyaman untuk menjadi patokan. Karena sering kali tangga yang sudah berdiri saat dinaiki masih saja goyang dan tidak kokoh yang bisa membuat seorang yang menaikinya terjatuh. Sebaiknya anda cari dasar yang tidak licin atau yang stabil bukan dasar yang tidak rata.

penggunaan tangga scaffolding

Mungkin sampai disini saja materi safety talk yang bisa saya sampaikan selaku pembawa materi. Semoga apa yang saya sampaikan kali ini dapat bermanfaat untuk bapak dan ibu sekalian. Salam safety! Berdoa dimulai

Post a Comment for "Bahan Materi Safety Talk: Cara Penggunaan Tangga Yang Aman"