Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Safety Talk: Konstruksi

Safety talk konstruksi adalah suatu program keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang dijalankan pada suatu perusahaan untuk meningkatkan kesadaran karyawan akan pentingnya budaya yang selamat dengan metode menyampaikan dan mengingatkan setiap hari minggu atau bulan sebelum memulai pekerjaan.

Banyak yang berpendapat bahwa safety talk itu tidak penting karena materi yang disampaikan itu-itu saja dan tidak luas. Dari pernyataan tersebut kami menyangkal bahwa pendapatnya adalah salah besar karena pada dasarnya safety talk dilakukan untuk mengingatkan dan selalu mengingatkan.

Materi safety talk pun sangat luas pembahasannya antara lain yaitu bagaimana kita bekerja dengan aman, keselamatan, kesehatan, tata cara bekerja atau prosedur kerja, pengangkatan manual, housekeeping dan yang lain sebagainya yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu karena hal tersebut sangatlah banyak.

Untuk lebih meningkatkan tingkat kesadaran pekerja saat penyampaian meeting keselamatan ini, kitapun sebagai pemateri harus menyediakan materi yang akan dibahas agar saat penyampaiannya kita tidak terbata-bata dan karyawan pun mudah faham dengan apa yang kita jelaskan.

Berikut kami sediakan contoh materi safety talk untuk pekerjaan konstruksi yang bisa anda tirukan dan kembangkan dilapangan.

Baca juga berbagai kumpulan bahan materi safety talk harian

Contoh materi safety talk pekerjaan konstruksi

Assalamualaykum kawan sekalian dan semangat pagi!
Dipagi yang luar biasa indah ini izinkan saya untuk membawakan materi mengenai bahaya-bahaya yang ada dilingkungan kerja kita dan bagaimana agar kita terhindar dari bahaya tersebut.

Mungkin kita semua sudah mengetahui bahwa bahaya yang sangat fatal atau beresiko ditempat kerja anda sekarang ini adalah jatuhnya seorang dari atas ketinggian. Karena hal tersebut sudah pernah dialami oleh rekan kerja kita dan mengakibatkan kematian.

Apabila bapak dan ibu sekalian melihat rekan kerja yang sedang bekerja kurang safety, tegurlah dia karena lebih baik anda menegurnya dari pada anda menguburnya.

Jangan sekali-kali berbuat kecerobohan saat bekerja, seperti bergurau, bercanda dan lain sebagainya karena hal tersebut mempunyai tempat tersendiri bukan dilingkungan pekerjaan.

Gunakanlah alat pelindung diri sesuai pada pekerjaan yang sedang anda laksanakan, contohnya apabila anda mengerjakan pekerjaan pengelasan diatas ketinggian pakailah body harness, kacamata las, kedok safety, scafolding, werpack, sepatu safety dan apd yang dibutukan lainnya.

Jangan hanya karena ada HSE anda mematuhi prosedur tapi karena kesadaranlah dan kebaikan untuk diri, maka anda berbuat demikian.

pekerjaan konstruksi

Saran dari saya selaku pembawa materi safety talk hari ini adalah:

  1. Jangan bergurau saat anda bekerja.
  2. Pakailah Alat Pelindung Diri (APD) sesuai pekerjaan.
  3. Tegur dan laporkan rekan kerja yang bekerja kurang aman.
  4. Berdoa sebelum bekerja.

Mungkin sampai disini bahan materi safety talk harian yang saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf dalam perkataan kata baik disengaja ataupun tidak.

Dan sebelum kita memulai pekerjaan alangkah bagusnya kita berdoa terlebih dahulu agar hari ini kita berangkat dengan sehat, bekerja dengan aman, dan pulang dengan selamat. Berdoa dimulai.

Sekian materi safety talk konstruksi, Wabillahitaufik walhidayah wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.

Post a Comment for "Materi Safety Talk: Konstruksi"