Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Safety Talk: Pertambangan

Safety talk pertambangan - pada pertambangan sangat dibutuhkan untuk meminimalisir angka kecelakaan kerja dan juga menjalankan program keselamatan dan kesehatan kerja (K3) agar berjalan dengan optimal.

Mungkin rekan-rekan sekalian banyak melihat kecelakaan kerja yang terjadi di dunia kerja tambang. Hal tersebutlah yang menjadi acuan para praktisi HSE untuk mengambil tindakan pencegahan mengenai bagaimana kecelakaan kerja tersebut bisa diminimalisir dan juga meningkatkan kesadaran karyawan akan pentingnya bekerja dengan aman.

Contoh safety talk tambang

Asslamualaykum warahmatullahi wabarakatu, selamat pagi bapak dan ibu sekalian. Izinkan saya membawakan materi safety talk pagi ini mengenai bahaya yang ada di lokasi kerja kita ini.

Bahaya di lingkungan pertambangan lumayan cukup banyak, dari bahaya yang ringan, sedang bahkan tinggi atau fatal yang mana apabila bahaya tersebut menimpa diri anda bisa saja menimbulkan kematian dan fatality.

Jangan sampai kecelakaan kerja menimpa diri anda, karena apabila kecelakaan terjadi dapat merusak salah satu anggota dari bagian tubuh anda. Dan apabila anggota tubuh anda rusak maka hal tersebut tidak dapat diganti dengan yang baru. Sayangilah tubuh yang kalian miliki dan fikirkanlah keluarga dan anak istri kalian.

Apakah rekan-rekan sudah siap dengan yang namanya kematian? Menurut saya jawabannya adalah tidak, karena mungkin saja bekal yang kita miliki untuk akhirat belum begitu banyak dan keluarga anda dirumah masih menunggu datangnya kita kembali untuk berkumpul bersamanya.

Bahaya dilokasi kerja kini antara lain yaitu; Tertabrak mobil tambang yang sering lalu-lalang, terjatuh dari ketinggian, kebakaran, peledakan dan yang lain sebagainya yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu karena saking banyaknya.

Dari bahaya-bahaya tersebut sebenarnya sudah diidentifikasi serta dibuat pengendalian agar bahaya tersebut tidak menimpa diri bapak dan ibu semua yang bekerja di sini.

Dari pengendalian yang ada kami berharap bisa dijalankan dengan baik dan disosialisasikan kepada seluruh karyawan yang belum mengetahuinya. Juga untuk rekan-rekan yang melihat temannya apabila mereka bekerja kurang aman dan tidak memakai alat keselamatan. Segera laporkan kepada kami agar ada punishment yang dapat mereka rasakan bagi pelanggar. Baca juga kumpulan bahan materi safety talk harian

tambang batubara

Saran dari saya di penyampaian materi safety talk kali ini antara lain yaitu:

  1. Bekerjalah dengan aman.
  2. Taatilah prosedur safety / keselamatan yang ada.
  3. Pakailah alat pelindung diri (APD) dengan baik sesuai pekerjaan.
  4. Tergurlah rekan kerja yang bekerja dengan cara kurang aman.
  5. Sosialisasikan upaya pengendalian keselamatan dan kesehatan kerja (K3) kepada yang belum mengetahuinya.
  6. Jangan gegabah dalam melaksanakan pekerjaan
  7. Dan yang terakhir yaitu selalu berdoa sebelum memulai pekerjaan, serta ingatlah keluarga yang sedang menunggu pulangnya kita kerumah.

Mungkin sampai sini penjelasan dari saya dari pihak safety, apabila ada pertanyaan silahkan acungkan tangan agar topik meeting kita pagi ini tidak terlihat rancu dan kaku.

Dan apabila tidak ada pertanyaan, akan saya akhiri sampai disini dengan pembacaan yang akan dipimpin oleh bapak Sandi Okta Prayoga agar pekerjaan kita selalu diberi kelancaran oleh Allah subhanahu wata a'la, dan anda dapat diberi kesehatan juga keselamatan dari pagi mulainya kita bekerja ini sampai semua pulang kerumah nanti.

Demikian materi safety talk pertambangan yang dapat kami rangkum menurut pengalaman dilapangan, apabila anda ingin menyumbangkan topik safety talk kepada kami silahkan kirim email melalui kontak yang sudah kami sediakan.

Wassalamualaykum warah matullahi wabarakatu, salam safety!

Post a Comment for "Materi Safety Talk: Pertambangan"