Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Safety Talk : Housekeeping

Bahan materi safety talk : Safety talk housekeeping didalam lingkungan perusahaan sangat penting dilakukan untuk mengingat kebersihan, kerapihan, penataan agar terlihat rapih dan indah dipandang melalui kasat mata.

Apa itu housekeeping : Pengertian housekeeping itu sendiri dalam bahasa inggris house berati rumah dan keep adalah menjaga.  Berarti housekeeping artinya dalam arti luas dapat kita artikan dengan kata menjaga kebersihan rumah.

Arti housekeeping : Housekeeping adalah salah satu cara terbaik untuk selalu menjaga ketatarapihan suatu lokasi kerja, agar terlihat lebih indah untuk dipandah oleh mata bahkan dirasakan.

Apabila anda bekerja dilingkungan perusahaan pastinya diwajibkan untuk menerapkan housekeeping supaya pekerja lainnya nyaman selama dilokasi kerja.

Housekeeping juga sangat penting untuk kesehatan diri anda, karena hal tersebut dapat menjaga kesterilan di tempat kerja dan juga bisa mensehatkan diri dari asupan udara yang segar.

Contoh materi safety talk mengenai Housekeeping

Semangat pagi dan salam safety! sebelum saya masuk kedalam materi safety talk yang akan saya sampaikan mengenai housekeeping. Saya akan membangkitkan semangat bapak dan ibu sekalian dengan cara yel yel perusahaan kita yang seperti biasa sudah kita lakukan di hari-hari sebelumnya.

Untuk lebih mengingatkan apabila saya berbicara safety dan jawaban anda adalah yes! lalu apabila saya bilang PT. Bina Bahana Gemilang ... jawaban anda adalah safety safety luar biasa!

HSE : Safety
Peserta : Yes Yes Yes!

HSE : PT. Bina Bahana Gemilang
Peserta : Safety Safety Safety, Luar Biasa!

Baca juga: kumpulan bahan safety talk harian

Semoga pagi ini keceriaan dan semangat anda dapat terbawa sampai nanti anda pulang kerumah, dan selanjutnya langsung saja kita masuk kedalam materi safety talk pagi hari ini yaitu mengenai housekeeping.

Kemarin saat saya melaksanakan patrol ke lokasi, masih terdapat banyak sampah proyek yang berserakan disana sini dan saya berfikir bahwa tingkat kesadaran bapak dan ibu sekalian terhadap kebersihan lokasi kerja masih sangat kurang.

Apakah membuang sampah pada tempatnya masih menunggu pengawas lapangan menegur anda? atau bahkan ibu bapak sekalian menunggu diberi punishment baru akan membuang sampah pada tempatnya?

Saya tidak akan berharap demikian, saya tau bahwa hal yang membuat kita berbuat demikian adalah kita hanya masih kurang sadar akan pentingnya kebersihan lokasi kerja pada keselamatan dan kesehatan diri kita.

Housekeeping sangat diperlukan karena hal tersebut dapat mengurangi tingkat kecelakan ditempat kerja, coba bayangkan apabila anda tersandung material atau sampah yang berserakan dilokasi kerja dan hal tersebut membuat terjatuh serta melukai diri.

Pastinya hal tersebut dapat menyebabkan kerugian bahkan cidera fisik bagi yang merasakannya. Mulai sekarang jangan tunggu seorang celaka terlebih dahulu baru kita sadar, namun sadarlah terlebih dahulu akan pentingnya housekeeping agar kita semua aman.

safety talk harian

Saya langsung saja memberikan saran kepada ibu serta bapak sekalian agar kejadian seperti kemarin tidak akan terulang kembali:

  1. Buanglah sampah pada tempatnya agar lokasi kerja kita selalu bersih.
  2. Tatalah peralatan setelah kita pakai di tempatnya agar saat mencari peralatan saat ingin digunakan dapat langsung ditemukan dan tidak memperlambat waktu yang terbuang.
  3. Kesehatan anda sangat berpengaruh apabila lokasi kerja kita tidak bersih.
  4. Jangan sampai terjadi kecelakaan terlebih dahulu baru kita sadar, akan tetapi sadarlah terlebih dahulu baru anda terhindar dari kecelakaan.
  5. Selalu ingatkan rekan kerja yang masih belum sadar akan kebersihan lokasi kerja.
  6. Utamakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3).
  7. Berdoalah sebelum bekerja agar apapun yang anda laksanakan bisa menjadi keberkahan dan keselamatan diri.
Mungkin sampai sini saja materi safety talk yang dapat saya sampaikan, sekali lagi saya tekankan kepada anda jagalah selalu lingkungan kerja kita agar dapat terlihat rapih agar anda nyaman dalam bekerja.

Laporkan kepada kami apabila ada salah satu diantara anda membuang sampah sembarangan dan tidak taat pada peraturan. Selanjutnya akan saya serahkan kepada bapak supervisor untuk menjelaskan beberapa hal mengenai pekerjaan yang akan dilaksanakan dan bagaimana pekerjaan tersebut bisa terlaksana dengan aman.

Sekian materi safety talk mengenai housekeeping, Wabillahitaufik walhidayah, wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu. dan Salam safety!

Post a Comment for "Materi Safety Talk : Housekeeping"