Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Safety Talk: Riding

Bahan Materi Safety Talk Riding ;
Safety talk, tool box meeting, briefing harian dan tool box talk yang bersangkutan pada riding atau biasa yang kita sebut dengan berkendara sangat perlu untuk dilakukan karena sangat berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan di lingkungan kerja. Bahan materi yang harus dibawakan pada saat meeting safety talk tersebut adalah mengenai perbincangan singkat mengenai hal keselamatan serta kesehatan para pekerja. Apabila kalian mendapati suatu Perusahaan yang pekerjaannya berkaitan dengan safety riding dan mereka tidak menerapkan tool box meeting harian, pastinya para pekerja yang mereka memiliki masih kurang kesadarannya mengenai keselamatan kerja karena dari atasannya tidak mendorong untuk penerapan program keselamatan kerja berjalan dengan baik di Perusahaannya.

Apabila kalian sedang mencari materi mengenai topik safety talk riding untuk diterapkan dan dibicarakan dilapangan, berikut kami sediakan untuk memudahkan agar penyampaian dilapangan dapat maksimal.

Safety Talk Riding ;

safety riding

Bahan materi safety talk riding - Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatu, semangat pagi dan salam safety untuk bapak dan ibu sekalian semoga hari ini kita masih diberi kesehatan agar sampai nanti pulang kerumah badan tetap berstamina seperti sedia kala.

Semangat pagi! Pagi! Pagi! Pagi! Karena pagi lah yang membuat kita semua luar biasa! dan seperti biasanya kali ini saya akan membawakan topik safety talk mengenai cara berkendara dengan aman agar kita selalu waspada akan keselamatan dimanapun anda berada karena di Indonesia yang paling tinggi angka kecelakaan disebabkan tidak lain dikarenakan berkendara.

Kecelakaan berkendara khusus untuk pengemudi sepeda motor per tahun 2018 menurut kurva kian bertambah dan hal tersebut menjadi tingkat kecelakaan lalu lintas terparah nomor 3 yang menyebabkan kematian di Indonesia. Semua pastinya mengetahui apa penyebab terjadinya kecelakaan tersebut bisa terjadi, ya benar semua itu karena kurangnya kesadaran oleh pengendara dan kurangnya pelatihan safety riding bahkan masukan dari lingkungan sekitar bahkan perusahaan yang sedang kita naungi.

Dari dibawakannya materi safety talk riding ini tujuan saya yaitu meningkatkan kesadaran bapak dan ibu sekalian dalam berkendara, bahwa apabila kita kurang berhati-hati hal tersebut dapat menyebabkan hal merugikan yang tidak diinginkan oleh siapapun itu. Baca juga: Kumpulan bahan materi safety talk harian

Perkara tersebut seharusnya kita dapat cermati dengan baik yang mana kehati-hatian dalam berkendara adalah point yang paling utama, dan sebelum kita semua berkendara sebaiknya hal yang harus diutamakan yaitu melatih skill dan kemampuan juga tata cara berkendara yang baik serta mentaati peraturan yang ada di Indonesia mengenai safety riding.

Pengertian safety riding adalah bagaimana kita berkendara dengan aman dan selamat atau mementingkan point kesehatan dan keselamatan. Idealnya safety riding berarti cara kita membawa kendaraan agar orang lain dan diri kita aman dari kecelakaan.

Ada beberapa point penting yang harus saya ingatkan dalam topik safety talk kali ini yang berkaitan dengan safety riding yaitu:

  1. Selalu jaga keseimbangan anda dalam berkendara.
  2. Apabila saat berkendara anda merasakan ngantuk, sebaiknya minggir terlebih dahulu dan istirahat sejenak untuk menghilangkan rasa kantuk anda untuk menjaga keselamatan diri juga orang lain.
  3. Lakukanlah pengecekan sebelum berkendara contohnya ban, kaca spion, rem, lampu, mesin, bensin dan segala kelistrikan yang ada di kendaraan bapak dan ibu sekalian.
  4. Perhatikan juga postur tubuh saat berkendara, usahakan badan anda harus lurus, pandangan fokus kedepan dan apabila ingin berbelok tengoklah terlebih dahulu ke spion, lutut dianjurkan dirapatkan, serta tangan dan kaki dalam keadaan rileks.
  5. Jaga jarak anda saat berkendara, hindari pengereman mendadak yang datangnya dari depan.
  6. Patuhilah rambu lalu lintas untuk keselamatan diri bapak ibu sekalian.
  7. Kendalikan emosi saat diperjalanan karena hal tersebut dapat mencelakakan diri anda.
  8. Jangan berboncengan lebih dari peraturan yang sudah dibuat, seperti berbonceng 3 di sepeda motor dan berbonceng 8 di dalam mobil.
  9. Untuk berkendara pada malam hari perhatikan lampu mobil atau motor anda, usahakan maksimal dalam penerangannya agar saat berkendara terlihat jelas.
  10. Jangan sekali-kali berkendara dalam keadaan mabuk karena hal tersebut dapat mencelakakan diri anda.
  11. Saat berbelok entah kekiri atau kekanan usahakan jangan mendadak dalam memberi lampu raiting, usahakan dalam kejauhan 70 meter anda sudah menghidupkannya.
  12. Dan yang terakhir usahakan berdoa sebelum berkendara dan juga dalam perjalanan agar kita semua diberi keselamatan agar sampai dengan tujuan.
Demikian penyampaian singkat dari saya mengenai safety riding ini, semoga kita dapat diberi keselamatan selalu oleh Allah subhanahu wata a'la selama berkendara. Dan sebelum kita memulai pekerjaan alangkah baiknya kita berdoa menurut agama masing-masing.

Sekian bahan materi safety talk riding dan salam safety!

Post a Comment for "Materi Safety Talk: Riding"