Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kalimat Safety Induction Proyek Untuk Pekerja Baru

Safety induction proyek - dilaksanakan sebelum pekerjaan berlangsung, hal ini dikarenakan untuk mengenalkan prosedur safety ke para karyawan yang baru mulai bekerja di lingkungan perusahaan agar lebih mengenali bahaya yang ada, prosedur kerja, rambu keselamatan, tata kerja yang aman dan yang terkait dengan keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Dan apabila kita ambil kesimpulan berarti safety induction adalah suatu program keselamatan kerja untuk meminimalisir agar tidak terjadi kecelakaan dengan cara penyampaian kepada karyawan baru, tamu atau yang baru masuk kedalam lingkungan kerja tersebut.

Contoh kalimat safety induction proyek perlu disiapkan sebelum anda memulai meeting safety tersebut didepan banyak orang karena ditakutkan saat anda menyampaikannya tidak jelas dan sulit untuk difahami oleh audiance. Sebaiknya sebelum melaksanakan safety induction tersebut kalian harus benar-benar siap agar penyampaiannya tidak terbata-bata.

Mengapa harus melakukan safety induction untuk pekerja baru? Karena pekerja tamu, pekerja baru dan orang yang baru pertama masuk lokasi kerja tidak mengetahui mengenai bahaya apa saja yang ada di lingkungan tersebut dan bagaimana cara pengendalian apabila ada bahaya yang terjadi apabila menimpanya.

Isi yang paling penting di jabarkan saat penyampaian safety induction adalah mengenai kebijakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3), alat pelindung diri yang harus di pakai, peraturan dasar K3, bagaimana cara melaporkan apabila terjadi kecelakaan, bahaya yang ada dilokasi kerja dan cara penanggulangannya, serta area yang penting dalam area tersebut contohnya ruang masjid, area merokok, toilet, area pejalan kaki, dll.


Baca juga kumpulan bahan materi safety talk

Isi dari safety induction bisa disesuaikan dengan yang ada dilapangan tergantung situasi dan kondisi dilokasi kerja. Safety induction bisa dilakukan dengan metode penggunaan layar, gerakan tubuh bahkan hanya menggunakan metode bicara sekalipun yang penting menjelaskan secara terperinci mengenai hal-hal yang harus diketahui oleh tamu, pekerja baru, atau yang baru datang ke lingkungan kerja dan menjelaskan mengenai keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Setelah dilakukan safety induction para tamu  dapat melaksanakan aktivitas yang ditujunya, dan yang terpenting dalam kunjungan tersebut tamu diberikan kartu tanda pengenal seperti badge masuk perusahaan. Dan dianjurkan untuk kontraktor diberikan kartu tanda pengenal khusus dikarenakan tingkat keluar masuk pekerja kelingkungan perusahaan cukup dibilang sering.

Berikut kami berikan contoh mengenai topik safety induction yang disampaikan untuk pekerja baru, tamu atau seorang yang baru pertama masuk kelingkungan perusahaan.

Contoh tool box talk / briefing safety untuk pekerja baru

safety induction proyek

Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatu, selamat datang dan selamat bergabung di PT. Bina Bahana Gemilang Project Pembuatan Tangki Timbun Kapasitas 12.000 KL yang berlokasi di PT. Pertamina (Persero) TBBM Perak Surabaya.

Saat ini kita sedang berada diruang rapat / meeting yang mempunyai 2 pintu, 8 jendela, pentilasi udara, dan diruangan ini sudah disediakan APAR / alat pemadam api ringan serta dilengkapi oleh meja dan kursi serta . Apabila suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan yang bersumber dari alam seperti gempa bumi hal yang harus kita lakukan yaitu berlindunglah ditempat yang aman seperti dibawah meja atau kursi, dan hindari barang yang rentan menimpa diri anda dan jauhi barang yang mudah pecah seperti kaca. Selanjutnya berjalanlah mengikuti jalur evakuasi yang sudah disediakan menuju titik aman atau asembly point.

Apabila terjadi kebakaran kecil langkah dan antisipasi pertama kita yaitu menggunakan apar yang sudah tersedia diruangan ini. Cara pemakaiannya yaitu dengan cabut pin, angkat, arahkan, tekan dan semprotkan.

Apabila bapak-bapak sekalian baru masuk ke area atau lokasi kerja ini, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan mengisi buku tamu, lalu menukarkan identitas deng...... Selanjutnya silahkan di rangkai sendiri kata-katanya dirumah untuk menjadi pembelajaran diri kita masing masing.

Demikian contoh kalimat safety induction proyek yang dapat kami sampaikan, salam safety dan safety first !

Post a Comment for "Kalimat Safety Induction Proyek Untuk Pekerja Baru"