Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Safety Talk

materi-safety-talk

Berbagai macam materi mengenai safety talk / toolbox meeting yang sudah Lulusandiploma sediakan pada artikel sebelumnya. Dari cara pemakaian Alat Pemadam Api Ringan (APAR), dasar Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Housekeeping, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), Safety Induction sampai materi yang lainnya. Untuk melihat materi Safety Talk yang sudah kami sediakan silahkan disimak pada artikel kami sebelumnya berikut ini Kumpulan Safety Talk.

Safety talk itu sendiri sebenarnya sangat penting disampaikan sebelum melakukan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk selalu mengingatkan karyawan akan bahaya yang selalu mengintai diri kita dimanapun berada dan bagaimana menerapkan budaya safety dan selamat dilingkungan perusahaan.

Sebenarnya safety talk ini dilakukan sebagai upaya untuk menerapkan program kesehatan dan keselamatan kerja untuk meminimalisir suatu resiko bahaya agar tidak menjadi kecelakaan ditempat kerja. Apabila program ini sudah dijalankan sempurna oleh perusahaan, semua tergantung pada kesadaran karyawan masing-masing.

Apabila kesadaran karyawan mengenai safety sangat tinggi tentunya kecelakaan kerja akan pergi jauh dari lingkungan perusahaan, beda lagi apabila dari karyawannya sendiri tidak mau tahu dan tidak perduli tentang pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja.

Safety talk / toolbox meeting dapat dilakukan sesuai jadwal tergantung pada target masing-masing perusahaan. Ada yang melakukannya dalam 1 bulan sekali, ada yang 1 minggu sekali bahkan yang setiap hari dilakukan.

Safety talk dibawakan dengan materi yang berbeda-beda pada setiap harinya, karena topik yang dapat dibawakan mengenai kesehatan dan keselamatan kerja (K3) itu sangat banyak. Contohnya bagaimana kita bekerja dengan aman, cara menanggulangi kebakaran, bagaimana menerapkan budaya safety diperusahaan dan banyak lagi materi lainnya.

Apabila kita kehabisan materi untuk dibawakan saat safety talk, Lulusandiploma sudah banyak menyediakan contohnya untuk kita kembangkan agar penyampaiannya tidak monoton dan para karyawan yang ikut serta dalam pelaksanaanya pun tidak bosan dalam materi yang dibawakan.

Usahakan pada setiap pertemuan layaknya pembawa materi harus berusaha untuk memaksimalkan bagaimana para peserta safety talk itu nyaman dalam pembawaan materi kita. Entah dengan cara berinteraksi dengan karyawan yang hadir, membuat sesi tanya jawab atau yang lainnya. Karena apabila karyawan sudah monoton dengan materi yang kita sampaikan, untuk kebelakangnya mereka pasti jenuh, terpaksa bahkan tidak mau hadir kembali pada saat safety talk yang kita bawakan.

Mungkin sampai sini saja informasi mengenai Safety Talk yang bisa Lulusandiploma sampaikan, semoga informasi ini bisa menjadi pelajaran dan dapat bermanfaat untuk anda.

Post a Comment for "Materi Safety Talk"